Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masjid Al Jabbar Garut Calon Masjid Agung Garut Selatan

Info Seputar Garut ~ Masjid Al Jabbar Garut  terlihat megah dan berdiri kokoh menghadap Laut Selatan Jawa di Kabupaten Garut. Konon, bahwa masjid yang dapat menampung jamaah sekitar 2.000 orang itu disiapkan sebagai calon Masjid Agung Garut Selatan ketika terjadi pemekaran di Kabupaten Garut.


Bagi siapa saja yang pernah melewati jalan nasional lintas pantai selatan Jawa Barat, terutama antara Pantai Rancabuaya dan Santolo, Garut Selatan, tentu pernah melihat kemegahan Masjid Al-Jabbar yang dibangun oleh Pemprov Jabar dan menghabiskan dana Rp35 miliar lebih.

Sebagai informasi, masjid tersebut terletak di Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut. Lokasi masjid itu tepat berada di Jalan Lintas Garut Selatan dan menghadap ke Pantai Cicalobak.

Kemegahan masjid tersebut sangat menantang banyak orang yang melewati di jalan nasional lintas pantai selatan Jabar itu untuk mampir sejenak. Karena, selain arsitekturnya unik, keberadaan Masjid Al-Jabbar pun persis di tengah keindahan pantai Cicalobak.

Namun sayangnya, bagi kebanyakan orang yang mampir di masjid yang terletak di Desa Karangwangi, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, itu bukan untuk ibadah: melaksanakan sholat di dalam masjid. Melainkan hanya untuk menikmati keindahan alam saja.

“Jujur saja, saya pernah mampir ke Masjid Al-Jabbar di pantai selatan Garut itu bukan untuk sholat, tetapi untuk foto selfie karena keadaaan bangunan masjid yang megah dan unik. Juga alam sekitarnya yang indah. Jadi sangat sayang bagi saya jika tidak foto selfie di sana,” ujar Linda, salah seorang wisatawan asal Bandung.

Hal sama diakui Dinda, salah seorang netizen yang sempat membahas kemegahan Masjid Al-Jabbar yang berlokasi di tengah keindahan Pantai Cicalobak di Garut Selatan itu. Menurut dia, sudah tiga kali dirinya berwisata ke pantai selatan Garut dan sudah tiga kali pula mampir di masjid Al-Jabbar.

“Ya saya juga jujur, karena memang kebanyakan orang yang saya lihat pun, maksud mampirnya mereka ke masjid itu rata-rata bukan untuk sholat tetapi untuk menikmati keindahan alam di sekitarnya. Semua yang mampir umumnya melakukan foto selfie dengan latar belakang Masjid Al-Jabbar,” kata wisatawan asal Bogor ini 

Bangunan Masjid Al Jabbar yang berwarna putih, dengan corak warna hijau pada bagian kubahnya. Sementara bagian menara di sampingnya berbentuk segitiga.

Masjid Al Jabbar Garut memiliki luas sekitar 2,4 hektare. Pada bagian depan, terdapat taman yang disediakan untuk pengunjung dengan pemandangan Laut Selatan Jawa. Sementara di bagian belakang, terdapat warung-warung untuk pengunjung yang datang untuk beristirahat.

Tidak sedikit orang-orang yang melintas di jalur selatan Jawa Barat (Jabar) singgah ke masjid tersebut. Mereka datang untuk melaksanakan shalat serta beristirahat di masjid yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar itu.

Menurut pengakuan para pengurus masjid  Al Jabbar Garut memang tak memperbolehkan pengunjung tidur di dalam masjid. Namun, pengurus juga menyiapkan tempat untuk beristirahat pengunjung, yaitu di bagian bawah masjid berupa aula.

Masjid Al Jabbar Garut memiliki tiga lantai yang dapat digunakan. Dua lantai digunakan untuk jamaah beribadah, sementara satu lantai bagian bawah digunakan untuk aula.

Jadi ingin sholat dan singgah di Masjid Al Jabbar untuk melihat pemandangan Laut Selatan Jawa.

Artikel ini sebagian sudah tayang pada lamannya moeslimchoice.com dengan judul Megahnya Masjid Al Jabbar dengan Pemandangan Laut Selatan Jawa

Post a Comment for "Masjid Al Jabbar Garut Calon Masjid Agung Garut Selatan"